Mendapatkan posisi sebagai Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) dalam seleksi PPPK adalah impian banyak orang.
Untuk membantu Anda mempersiapkan ujian dengan baik, berikut adalah 20 bocoran soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat 2024 yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk lolos.
Soal-soal ini dirancang berdasarkan kisi-kisi resmi yang telah dikeluarkan oleh Kementerian PAN-RB, sehingga Anda bisa lebih siap menghadapi ujian tersebut.
20 Soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat & Jawaban
Mempersiapkan ujian PPPK untuk posisi Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) membutuhkan pemahaman mendalam mengenai berbagai kompetensi yang diuji, mulai dari teori komunikasi hingga keterampilan praktis dalam bidang kehumasan.
Untuk membantu Anda menghadapi ujian ini dengan lebih percaya diri, kami telah merangkum 20 bocoran soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat beserta jawabannya.
Dengan memahami kisi-kisi soal dan latihan soal, Anda dapat memaksimalkan peluang untuk lolos seleksi PPPK Pranata Hubungan Masyarakat 2024.
Soal 1
Apa karakteristik utama dari media cetak yang membedakannya dari media elektronik?
A. Permanen dan terukur
B. Interaktif dan real-time
C. Global dan instan
D. Biaya produksi rendah
E. Jangkauan audiens tidak terbatas
Jawaban: A
Soal 2
Prinsip yang menuntut praktisi humas menghormati hak masyarakat guna memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif disebut …
A. Keterbukaan
B. Objektif
C. Jujur
D. Tepat Janji
E. Etis
Jawaban: A.
Soal 3
Prinsip manakah yang paling penting dalam penulisan kehumasan untuk memastikan informasi yang disampaikan dapat diandalkan oleh publik?
A. Kejelasan
B. Akurasi
C. Relevansi
D. Konsistensi
E. Keterbacaan
Jawaban: B
Soal 4
Pelayanan informasi dan kehumasan di Jabatan Fungsional Pranata Humas meliputi …
A. Hubungan eksternal, audit komunikasi, pengembangan pelayanan
B. Audit komunikasi, pengembangan pelayanan, karya ilmiah
C. Pelayanan informasi, audit komunikasi, pengembangan pelayanan
D. Perencanaan, hubungan eksternal, pelayanan informasi
E. Penyusunan buku pedoman, perencanaan, hubungan eksternal
Jawaban: C.
Soal 5
Manajer di Perusahaan XYZ mencatat bahwa informasi sering kali tidak sampai ke tingkat karyawan yang membutuhkan untuk pengambilan keputusan. Jenis komunikasi apa yang perlu diperbaiki untuk memastikan informasi dari manajemen diteruskan secara efektif ke karyawan?
A. Komunikasi Diagonal
B. Komunikasi Informal
C. Komunikasi Vertikal ke Bawah
D. Komunikasi Horizontal
E. Komunikasi Formal
Jawaban: C
Soal 6
Karakteristik komunikasi massa berikut ini adalah benar, kecuali …
A. Komunikator terlembagakan
B. Bersifat umum dan terbuka
C. Bersifat pribadi dan tertutup
D. Komunikan bersifat anonim
E. Komunikan bersifat heterogen
Jawaban: C.
Soal 7
Kamera SLR memiliki prinsip kerja berikut, kecuali …
A. Cahaya masuk melalui lensa
B. Cahaya dipantulkan melalui cermin ke pentaprisma
C. Cermin menutup dan rana membuka sesuai pengaturan kecepatan
D. Cahaya yang masuk direkam pada film
E. Kamera harus dirawat agar tetap bersih
Jawaban: E.
Soal 8
Proses penyampaian informasi kepada khalayak dengan karakteristik tertentu adalah definisi dari…
A. Media Massa
B. Komunikasi Massa
C. Interaksi Massa
D. Situasi Massa
E. Pengendalian Massa
Jawaban: B.
Soal 9
Komponen yang memungkinkan berlangsungnya proses komunikasi massa disebut …
A. Media Massa
B. Komunikator Massa
C. Interaksi Massa
D. Situasi Massa
E. Kontrol Massa
Jawaban: A.
Soal 10
Berikut ini yang bukan merupakan organisasi profesi terkait humas adalah …
A. Perhumas
B. IPRA
C. FAPRO
D. PRSA
E. IFI
Jawaban: E.
Soal 11
Terciptanya sistem komunikasi terbuka yang menerima umpan balik dan masukan dari publik melalui komunikasi dua arah adalah …
A. Sasaran Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan
B. Ruang Lingkup Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan
C. Manfaat Tata Kelola Kehumasan
D. Pemantapan Kelembagaan Humas
E. Komunikasi Publik
Jawaban: A.
Soal 12
Menurut Model Komunikasi Shannon-Weaver, elemen yang bertanggung jawab untuk mengubah sinyal kembali menjadi pesan adalah:
A. Transmitter
B. Signal
C. Channel
D. Receiver
E. Source
Jawaban: D
Soal 13
Menurut Model Komunikasi Shannon-Weaver, elemen yang bertanggung jawab untuk mengubah sinyal kembali menjadi pesan adalah:
A. Transmitter
B. Signal
C. Channel
D. Receiver
E. Source
Jawaban: D
Soal 14
Metode penelitian mana yang paling sesuai untuk mengumpulkan data kualitatif tentang pengalaman karyawan dalam suatu organisasi?
A. Wawancara mendalam
B. Survei online
C. Analisis statistik
D. Eksperimen lapangan
E. Observasi non-partisipatif
Jawaban: A
Soal 15
Pedoman sikap dan tindakan praktisi humas pemerintah dalam bertugas adalah …
A. Kode Etik Humas Pemerintah
B. Praktisi Humas
C. Tata Kelola Kehumasan
D. Lembaga Humas
E. SOP Humas
Jawaban: A
Soal 16
Siapakah pengirim pesan dalam proses komunikasi?
A. Komunikator
B. Receiver
C. Komunikan
D. Komunikasi
E. Channel
Jawaban: A
Soal 17
Apa yang dimaksud dengan proses penyampaian informasi atau pesan dari satu pihak ke pihak lain?
A. Bisnis
B. Komunikasi
C. Komunikasi bisnis
D. Etika komunikasi
E. Proses komunikasi
Jawaban: B
Soal 18
Setiap komunikasi untuk membangun kemitraan, sumber daya intelektual, dan mempromosikan gagasan, produk, layanan, atau organisasi dalam rangka menciptakan nilai bagi bisnis disebut …
A. Transmisi
B. Komunikasi nonverbal
C. Komunikasi verbal
D. Komunikasi bisnis
E. Respons
Jawaban: D
Soal 19
Komunikasi yang disampaikan melalui lisan atau tulisan disebut …
A. Komunikasi verbal
B. Komunikasi nonverbal
C. Komunikasi internal
D. Komunikasi eksternal
E. Komunikasi personal
Jawaban: A
Soal 20
Saat perusahaan mencari calon pegawai baru atau akan menjalin hubungan bisnis dengan mitra baru, komponen komunikasi bisnis yang digunakan adalah …
A. Diskusi
B. Pidato
C. Presentasi
D. Wawancara
E. Surat pribadi
Jawaban: D
Untuk sukses dalam ujian PPPK Pranata Hubungan Masyarakat 2024, penting untuk memahami lebih dalam setiap kompetensi yang diuji.
Mulai dari etika kehumasan hingga manajemen isu, semua materi tersebut akan terwujud dalam soal-soal yang akan dihadapi dalam tes Pranata Hubungan Masyarakat.
Menggunakan bocoran soal ini sebagai bahan latihan akan meningkatkan pemahaman Anda, baik tentang teori komunikasi maupun keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh seorang pranata humas.
Daftar Tryout PPPK Gratis Umum & Teknis di ASN Institute
Ingin sukses dalam seleksi PPPK? Persiapkan diri Anda dengan mengikuti Try out online PPPK di ASN Institute! Berikut adalah tips untuk memaksimalkan persiapan Anda:
- Pahami Kisi-Kisi dengan Baik: Pelajari kisi-kisi resmi seleksi PPPK sebagai panduan untuk mengetahui jenis soal yang akan diujikan.
- Latihan Soal Secara Konsisten: Rutinlah mengerjakan soal-soal latihan pranata hubungan masyarakat, terutama untuk materi umum dan teknis, agar terbiasa dengan pola soal.
- Ikuti Tryout PPPK di ASN Institute: Try out ini dirancang untuk membantu Anda mengukur kemampuan melalui simulasi berbasis sistem CAT.
- Atur Waktu Belajar Secara Efektif: Manajemen waktu yang baik akan membantu Anda mempelajari semua materi dengan lebih optimal.
Kesimpulan
mempersiapkan ujian PPPK untuk posisi Pranata Hubungan Masyarakat memerlukan pemahaman yang baik tentang berbagai materi kehumasan, mulai dari komunikasi massa, manajemen krisis, hingga etika kehumasan.
Dengan memanfaatkan 20 bocoran soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat beserta jawabannya, Anda dapat meningkatkan kesiapan untuk menghadapi ujian.
Latihan soal ini akan membantu Anda lebih familiar dengan tipe soal yang akan dihadapi, sehingga Anda dapat mengelola waktu dan strategi ujian dengan lebih baik.
Dengan persiapan yang matang, peluang untuk sukses dalam seleksi PPPK Pranata Hubungan Masyarakat 2024 pun semakin terbuka lebar.